Apakah Anda Butuh Kumpul Bareng Dblogger?

3 Feb 2009

Aduuh, mohon maaf teman teman, saya sudah lama tidak blogwalking dan udah lama menghilang dari peredaran dikarenakan banyak tugas kuliah menumpuk berupa paper case studies, minor thesis dan laporan - laporan praktikum. Now, I come back and ready for blogwalking. Siap beredar, Insya Allah.

Di kala mengerjakan minor thesis, saya cukup tertarik membaca paper dari Frank W. Geels dan Wim A. Smith yang berjudul “Failed technology futures: pitfalls and lessons from a historical survey” yang bisa anda baca di Jurnal Futures No 32 (2000) pp 867-885. melalui www.elsevier.com/locate/futures. Kedua penulis bercerita tentang proyeksi revolusi teknologi informasi di masa lalu yang memimpikan bahwa masa depan (alias sekarang) akan sangat dipengaruhi oleh ICT (Information and Communication Technologies) yang akan merubah pola mobilitas umat manusia. Tingkat kemacetan diramalkan akan turun dengan semakin mudahnya komunikasi. Akan tetapi, ternyata waktu yang dihemat oleh adanya penggunaan sarana komunikasi tersebut dikompensasi dengan kebutuhan perjalanan yang lain seperti rekreasi. Akibatnya, kemacetan tetap saja sama tingkatannya. Dari paper tersebut dapat disimpulkan bahwa ada muatan sosial yang tidak boleh diabaikan dalam mengkaji dampak dan peran baru suatu teknologi.

Nah, sekarang kita ambil contoh nyata. Untuk membeli barang seperti baju atau kamera, bukankah kita bisa memesannya online dari internet, apalagi di Eropa sini. Bukankah anda tidak perlu membuang waktu ke mall yang bisa anda gunakan untuk kegiatan lain (blogwalking misalnya). Contoh yang lain, di sini para mahasiswa memenuhi perpustakaan untuk belajar dan mencari referensi, padahal isi perpustakaan bisa mereka akses dari apartemen. Selain itu, di WUR tempat saya kuliah ini, bahan kuliah sudah diberikan online sebelumnya (malah lengkap dengan jawaban soal latihan dan kisi kisi ujian) dan tidak ada peraturan seseorang harus memenuhi tingkat kehadiran tertentu di kelas, bebas merdeka bagi anda untuk tidak hadir tetapi nyatanya tingkat kehadiran sangat tinggi. Dan contoh terakhir sebagian Dblogger tentu menyenangi temu kangen, kopi darat, kumpul bareng Dblogger bukan, walaupun kita secara maya sering bertemu.

Permasalahannya bukan apa yang bisa digantikan teknologi atau apa yang tidak bisa digantikan teknologi. Teknologi bersifat netral. Nah, tingkat ketergantian kegiatan manusia itu terkait dengan teknologi tdak terlepas dari ada tidaknya atau seberapa besar muatan sosial dari kegiatan itu.

Contohnya, kalau kita kepepet oleh waktu untuk memesan kamera online dari internet dan kita percaya terhadap mutu dan keamanan pembayarannya, mengapa membuang waktu yang berharga dengan jalan jalan ke mall. Dalam kasus kepepet ini, fungsi sosial dari belanja online dapat diabaikan. Nah, banyak kasus terjadi sebaliknya, anda bisa beli kamera atau baju secara online tetapi anda tetap memaksa ke mall. Hal ini karena muatan sosial dari kegiatan belanja itu tidak hanya belanja, tetapi ada social practices yang lain seperti rekreasi, cuci mata, nengok cewek cewek cakep atau sekadar melepaskan kepenatan rutinitas hidup.

Kegiatan kuliah online umumnya tidak bisa menggantikan kuliah konvensional selama prinsip tekanan waktu tidak berlaku. Selain datang ke ruangan kelas untuk belajar dan mendengarkan kuliah dan diskusi (yang sebenarnya semua bahannya sudah anda dapat waktu registrasi dan bisa didownload online), kegiatan datang ke ruangan kelas punya muatan sosial yang lain. Mengenal teman, mengenal dosen, mengikuti dinamika diskusi dan sebagainya.

Untuk kasus blogging misalnya, fungsi citizen journalism sudah dipenuhi oleh blogging, dan anda bisa mendapat banyak informasi dari postingan postingan yang ada. Akan tetapi, pada sejumlah kasus, blogging juga mempunyai muatan sosialnya sendiri, menjadi sebuah ajang pertemanan dan silaturrahmi. Semakin tinggi pengaruh dan kebutuhan terhadap fungsi muatan sosial ini, semakin tinggi kebutuhan para blogger untuk bertemu, kopi darat, temu kangen atau apalah istilahnya.

Nah, sekaligus survey nih, menurut pendapat teman teman, apakah fungsi blogging bagi teman teman sebagai pribadi?

Wageningen, Gelderland, 03 Feb 2009


TAGS


-

Author

Follow Me